Instal Ulang Sony Vaio dengan Windows 8, partisi GPT SSD platform

, , 2 Comment

Baru saja dipusingkan dengan laptop Sony Vaio T Series dengan OS Windows 8 yang mau di buatkan partisi baru, karena bawaannya hanya satu partisi C saja. saya coba partisi memakai software, tapi setelah restart, muncul pesan error windows.

Saya coba restore windows tetapi langkah apapun tidak berhasil. akhirnya saya coba instal ulang dengan langkah merubah default booting seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di Cara masuk Bios Laptop Sony Vaio  tapi tetap saja tidak bisa instal ulang baik windows 7 maupun windows 8.
Muncul pesan seperti digambar dibawah ini. "Windows cannot be installed to this disk the selected disk is of the GPT Partition Style"
 Memang, Sony Vaio yang seri ini sudah cukup mumpuni, dengan teknologi Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang menggantikan platform firmware Basic Input/Output System (BIOS). 
UEFI adalah firmware jenis baru yang awalnya dirancang oleh Intel (dikenal sebagai EFI) terutama untuk sistem berbasis Itanium.
UEFI memperkenalkan cara-cara baru booting OS yang berbeda dari yang biasa digunakan yaitu "MBR boot mode" untuk sistem BIOS sedangkan untuk UEFI memakai
partisi model GUID Partition Table (GPT)
Meski awalnya dimulai oleh Intel EFI dalam versi 1.x dan kemudian sekelompok perusahaan yang disebut Forum UEFI mengambil alih perkembangannya yang kemudian muncul UEFI dimulai dengan versi 2.0. pada 23 Mei 2012, kemudian yang terbaru adalah UEFI Spesifikasi 2.3.1. 
Selain UEFI, laptop tipe ini juga sudah memakai teknologi Solid State Drive (SSD), sebuah perangkat penyimpanan data menggunakan rakitan sirkuit terpadu sebagai memori untuk menyimpan data terus-menerus data. Teknologi SSD menggunakan hardware elektronik yang kompatibel dengan input / output (I / O) hard disk drive biasa yang sudah ada saat ini.

Perbedaan mencolok dengan  hardisk yang saat ini berdear adalah ada pada hardware penyimpanannya. Kalau hardisk Sata/Ata yang sekarang, masih mengandalkan optical disk elektromekanis hard disk drive (HDD)sedangkan SSD sudah memakai komponen mekanis yang berbentuk chip modul seperti yang ada pada memori DDR sekarang.

Kembali ke permasalahan yang tadi, setelah browsing kesana kemari, akhirnya dapat juga cara untuk instal hardisk SSD yang memakai model partisi GPT ke partisi yang masih memakai model MBR.

Langkah - langkahnya  sebagai berikut :

  • Masuk atau nyalakan laptop dengan menekan tombol Assist, masuk ke Vaio Care. 
 

    • Pastikan anda sudah terkoneksi dengan DVD Eksternal/USB yang berisi system operating (OS) disini saya memakai Windows 8 (belum dicoba untuk Windows 7)
    • Start from media (USB device/optical disc (F11), memulai install windows.
    • Setting Time and currency format menjadi Indonesia kemudian Next
    • Muncul tampilan Instal dan pada bagian bawah Repair your computer
    • Klik Repair your computer dan akan muncul tiga pilihan menu dibawahnya.

    bios sony vaio

    •  Klik Troubleshoot, muncul tiga pilihan menu lagi.

  • Pilih Advance Option, muncul empat pilihan menu
  • Klik Command Promt, akan muncul X:\Sources> kemudian ketik diskpart,  Enter



    • Kemudian ketik list disk

  • Ketikan lagi, select disk 0 (Nol)



  • Langkah selanjutnya :
  • DISKPART > clean

    DISKPART > convert gpt

    DISKPART > create partition efi size=100

    DISKPART > format fs=fat32 quick label=system

    DISKPART > create partition msr size=128

    DISKPART > create partition primary size=131072  <=== Sesuaikan volume C yg diinginkan

    DISKPART > format fs=NTFS quick label=C

    DISKPART > assign letter=c

    DISKPART > exit  (Silahkan matikan atau restart laptop anda)


  • Dan akhirnya, saya berhasil instal ulang windows 8 di laptop Sony Vaio T Series Ultrabook dan untuk windows 7, silahkan dicoba sendiri. Klo dilihat sich, harusnya bisa berjalan juga cara diatas diwindows 7.

    Selamat mencoba...


    NB:  Hargai tulisan orang, untuk copy paste silahkan sertakan link aslinya atau silahkan modifikasi dengan tulisan anda sendiri. (EJSF9CEYR2PG)
    Mohon Maaf, untuk copy paste silahkan sertakan link aslinya atau silahkan modifikasi dengan tulisan anda sendiri. Saya harap anda bisa menghargai ide sesama blogger. Terima Kasih.
    Tinta F1
    2 Comment :
    Instal Ulang Sony Vaio dengan Windows 8, partisi GPT SSD platform
    Calm'Z mengatakan...

    Thanks gan... Stepnya bantu banget walau beda caranya.. hehe

    Unknown mengatakan...

    Sip gan, semoga bermanfaat....