Membuat Daftar Isi untuk Skripsi dan Makalah dengan office 2010

, , , a Comment
Bagi anda yang biasa membuat laporan, makalah, skripsi atau lainnya yang sejenis, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya daftar isi. Daftar isi berisi urutan halaman dari yang halaman pertama sampai yang terakhir. selain penomoran, daftar isi menjadi sesuatu yang penting yang berfngsi sebagai rujukan awal sebelum kita membuka lembar demi lembar halaman yang kita buat.
Namun kadang kita menghadapi masalah ketika harus menempatkan urutan penomoran dalam daftar isi yang biasanya diletakkan di sebelah kanan dari judul besar dari masing-masing halaman yang kita buat secara berurutan yang biasanya dihubungkan dengan tanda titik-titik berurutan, Nach, masalahnya adalah, ketika dokumen daftar isi tersebut kita cetak, kadang titik-titik tidak rapih secara berurutan.
Inilah yang akan kita bahas kali ini, sebagai acuan dalam penulisan skripsi atau makalah yang kadang memiliki panduan khusus dalam penulisan. Baik itu ukuran margin, page setup maupun paragraf dari masing-masing halaman.
Disini saya asumsikan anda sudah memiliki data baik itu makalah, skripsi atau laporan lainnya. Jadi kita tinggal membuat daftar isinya saja.
  • Persiapkan lembar kosong MS Word 2007 atau 2010 yang akan kita isi dengan Daftar Isi.
  • Kita Buat terlebih dahulu tulisan Daftar Isi dihalaman paling atas yang biasanya di tempatkan di tengah-tengah halaman atas.
  • Ketik dibawahnya sesuai dengan Judul halaman awal yang akan kita masukkan kedalam Daftar Isi.
http://www.damarjaticomputer.com/
  • Perhatikan tanda yang saya beri lingkaran diatas. Klik tanda tersebut setelah anda menulis “Halaman Judul”
http://www.damarjaticomputer.com/
  • Setelah itu, beri satu spasi didepan “Halaman Judul” lalu klik kanan, Paragraph, Tabs, pindahkan Leader dari 1. None ke 2. …..
http://www.damarjaticomputer.com/http://www.damarjaticomputer.com/
  • Klik Set lalu Ok
  • Sampai disini, format untuk membuat titik secara otomatis, sudah selesai.
  • Sekarang, tempatkan posisi kursor tepat didepan Tulisan “Halaman Judul” lalu tekan Tab di keyboard.
http://www.damarjaticomputer.com/
  • Tekan Tab dua kali (2X) untuk memposisikan kursor, lalu kita tulis sesuai dengan nomor sesuai nomor urut “Halaman Judul”
  • Tekan Enter untuk menulis Halaman berikutnya sesuai dengan urutan Judul berikutnya yang akan dimasukkan ke dalam Daftar Isi.
  • Silahkan lanjutkan….

Semoga bermanfaat….

NB: Untuk melihat gambar ukuran penuh, klik kanan, view image

Mohon Maaf, untuk copy paste silahkan sertakan link aslinya atau silahkan modifikasi dengan tulisan anda sendiri. Saya harap anda bisa menghargai ide sesama blogger. Terima Kasih.
Tinta F1
0 Comment :
Membuat Daftar Isi untuk Skripsi dan Makalah dengan office 2010